Teknologi Modern

Car body repair workshop tidak identik dengan tempat yang kotor, berdebu dan semrawut. Dahulu kondisi seperti itu ada pada bengkel-bengkel ketok dimana sampah amplas, puntung rokok dan benda-benda lainnya berserakan dimana-mana. Teknisinya pun bekerja dengan alat-alat tradisional yang serba sederhana seperti palu, potongan per mobil, tang, obeng dan las karbit. Era seperti itu telah lama berlalu. Sekarang sudah era teknologi, bukan lagi zamannya pengrajin body mobil. Teknologi dalam perbaikan body kendaraan dari keadaan rusak parah sampai kembali seperti bentuk semula bahkan menjadi seperti baru kembali telah melibatkan peralatan teknologi sebagai berikut :

1. Hydrolic body jack : Suatu alat semacam ragum besar, digunakan untuk memperbaiki bodi Monocoque atau Chasis yang mengalami pelengkungan atau bengkok akibat kecelakaan, ditarik dengan tenaga hydrolic agar menjadi lurus kembali. Ditangani oleh teknisi yang ahli dan berpengalaman mendapatkan hasil pekerjaan yang kekuatan serta presisinya dapat dipertanggung jawabkan.

2. Modern Tools : Adalah berbagai peralatan kerja genggam yang bertenaga listrik sehingga sangat memudahkan dan meringankan para teknisi dalam melakukan pekerjaannya. Peralatan tersebut meliputi alat pengamplas, alat pemoles, bor, mesin las listrik dan lain sebagainya.

Tenaga ahli dipadu dengan peralatan kerja yang memadai, menghasilkan kwalitas, menghemat waktu dan tenaga sehingga meningkatkan produktivitas.

3.Color mixing machine : Semacam lemari besar yang terdiri dari rak-rak dimana setiap rak diisi dengan banyak container yang berisi bahan pokok warna cat (tinting colours) yang hendak di campur dan diaduk. Mesin ini dapat mengaduk bahan pokok warna cat sebanyak 56 container secara simultan. Setiap peracikan bahan dilakukan dengan berpedoman pada formula yang telah ditetapkan oleh color guide agar mendapatkan hasil warna sesuai dengan yang dikehendaki.
Kesempurnaan warna cat salah satunya ditentukan oleh peracikan, pencampuran dan pelarutan bahan pokok warna cat (tinting colours) dengan menggunakan color mixing machine.

Untuk menjamin warna  yang sama dengan warna cat pada kendaraan anda, maka dalam mencampur cat kami selalu menggunakan formula guide dan color mixing machine seperti pada gambar ini.

Untuk menjamin warna yang sama dengan warna cat pada kendaraan anda, maka dalam mencampur cat kami selalu menggunakan formula guide dan color mixing machine seperti pada gambar ini.

Untuk menjamin warna yang sama dengan warna cat pada kendaraan anda, maka dalam mencampur cat kami selalu menggunakan formula guide dan color mixing machine seperti pada gambar ini.

4. Painting inside the oven : Sebuah peti sebesar kamar yang bisa menampung satu unit mobil dengan dilengkapi alat pemanas yang dapat diatur suhunya serta diberi exhaust fan. Didalam oven inilah mobil dicat dengan menggunakan alat semprot cat yang modern agar menghasilkan pengecatan yang baik, keras, cemerlang, tidak belang serta awet tidak mudah pudar terkena sinar ultra violet dari matahari.

Pada gambar disebelah kiri ini, mobil-mobil yang telah siap untuk dicat antri menunggu giliran masuk kedalam oven. Saat ini kami memiliki tiga oven. Kebutuhan akan oven terus meingkat dari waktu ke waktu seiring dengan peningkatan volume pekerjaan di workshop kami.

Selain teknologi, kebersihan dan sirkulasi udara juga perlu diperhatikan. Hal ini perlu untuk menjaga kesehatan SDM, meminimalisir risiko kecelakaan kerja dan kebakaran serta hal yang tidak kalah pentingnya adalah memelihara estetika lingkungan dimana kita berada.

5. Teknologi pengecatan Waterbase
Suatu teknik pengecatan yang bahan pengencer/pelarutnya tidak lagi menggunakan thiner, tetapi menggunakan air sebagai bahan pengencer/pelarutnya. Ada banyak kelebihan dan keunggulan dari teknik pengecatan ini dibanding dengan metode lama yang masih menggunakan thiner sebagai bahan pelarutnya. Beberapa kelebihan/keunggulan tersebut antara lain :

  1. Dari sisi kwalitas – baik kekuatan, keawetan maupun penampilannya lebih baik dari teknik pengecatan traditional.
  2. Jika diaplikasikan diatas existing cat (cat lama) pada kendaraan anda, existing cat (cat yang lama) tidak akan bangun (melembung). Kondisi ini sangat berguna pada kasus perbaikan cat kendaraan yang rusak sebagian akibat kecelakaan.
  3. Metode ini sudah pasti sejalan dengan kebijakan dunia tentang lingkungan hidup (go green). Tidak mencemari lingkungan, karena tidak memberikan kontribusi limbah yang berbahaya bagi kehidupan yang berupa thiner yang menguap maupun yang terbuang ke saluran drainase dilingkungannya.
  4. Jelas sangat mengurangi dampak buruk bagi kesehatan pada orang yang melakukan pengecatan dan lingkungannya dibanding dengan metode lama yang menggunakan thiner sebagai bahan pengencer/pelarutnya.
  5. Mengurangi risiko kebakaran di tempat kerja karena jelas mengurangi stock bahan berbahaya api seperti thiner.

Teknologi ini sudah banyak digunakan di negara-negara maju seperti di Eropa dan Amerika dimana kelak akan menjadi wajib penggunaanya diseluruh dunia demi terlaksananya program go green (lingkungan hidup sehat).